Kenali Jenis Chasis Mobil & Fungsinya
Chasis mobil atau yang biasa disebut sasis merupakan sebutan untuk komponen bagian dalam mobil yang fungsinya sangat penting. Ini karena sasis adalah kerangka dasar atau tempat merakit berbagai komponen mesin lainnya.
Jadi, sasis juga berperan untuk membuat setiap komponen di dalam mobil saling terhubung sehingga dapat berfungsi dengan semestinya. Selain itu juga untuk menjaga agar bentuk mobil tidak mengalami perubahan saat digunakan.
Macam-macam Komponen dalam Chasis Mobil
Pada dasarnya sasis terdiri dari power train dan suspense. Pada bagian powertrain berfungsi mengalirkan tenaga mesin ke bagian roda. Sementara suspense berfungsi menopang dan menjaga kestabilan mobil.
Berikut ini beberapa komponen yang terdapat di dalam sasis mobil secara umum.
- Kopling
Komponen pertama adalah kopling yang berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan putaran mesin ke transmisi. Dengan adanya kopling proses pemindahan gigi saat berkendara akan lebih halus.
- Gardan
Komponen sasis berikutnya adalah gardan yang berfungsi untuk membedakan antara putaran roda kiri dan roda kanan. Apabila putaran roda tidak dibedakan akan terjadi selip pada bagian roda sehingga terjadi keausan yang cukup membahayakan.
- Transmisi
Komponen chasis mobil selanjutnya, yaitu transmisi yang berfungsi memanipulasi putaran di bagian output mesin. Transmisi akan berfungsi ketika pengendara melakukan perpindahan gigi dan ketika pengendara membutuhkan torsi besar untuk melaju pada kecepatan tinggi.
- Universal Joint
Komponen yang tidak kalah penting berikutnya, yaitu universal joint yang menghubungkan antara momen puntir yang bersifat fleksibel. Biasanya, universal joint dipasang di bagian belakang transmisi dan di bagian depan gardan.
- Poros Propeller
Berikutnya ada poros propeller yang berfungsi sebagai penghubung antara putaran transmisi di bagian depan dan di bagian belakang mobil. Umumnya poros propeller disematkan di jenis mobil dengan penggerak FR atau 4WD.
- Rear Axle
Komponen berikutnya ini memiliki bentuk berupa batangan yang berfungsi menghubungkan gardan dengan poros roda.
- Pegas
Selain, rear axle ada komponen sasis lainnya yaitu pegas yang berfungsi meredam getaran. Pegas akan meredam guncangan saat mobil melewati jalan berlubang, polisi tidur, dan jalan dengan permukaan tidak rata.
- Shock Absorber
Komponen satu ini juga biasa disebut sebagai shockbreaker yang berfungsi mencegah guncangan di bagian sistem suspensi.
Cara kerjanya dengan menahan guncangan melalui mekanisme fluida meskipun begitu shock absorber tidak mempunyai ketahanan pada tekanan.
- Stabilizer Bar
Komponen chasis mobil selanjutnya ini berfungsi menahan rolling saat bagian roda mobil terguncang karena melewati jalan berlubang atau polisi tidur.
Sehingga pergerakan mobil bisa terasa lebih halus dan nyaman dikendarai, stabilizer bar sendiri terdiri dari swing bar dan link stabilizer.
- Sistem Steering
Komponen berikutnya ini berfungsi untuk mengendalikan arah roda depan dan mengurangi gaya pada bagian kemudi. Dengan demikian pengendara mobil akan merasa lebih ringan saat memutar roda pada pengemudi.
- Sistem Pengereman
Komponen sasis pada sistem pengereman berfungsi mengurangi kecepatan laju pada mobil. Sistem pengereman pada mobil terdiri dari dua jenis, yaitu rem tromol dan rem cakram.
- Roda dan Ban
Komponen sasis yang terakhir adalah di bagian roda dan ban. Bagian roda berfungsi mengonversikan putaran dari power train agar mobil dapat berjalan. Sementara bagian ban berfungsi untuk menyerap getaran ketika mobil berjalan supaya tidak selip.
Jenis-Jenis Sasis Berdasarkan Rangka
Berikut ini beberapa jenis-jenis sasis jika dibedakan berdasarkan rangkanya:
- Ladder Frame
- Monocoque Chassis
- Aluminium Space Frame
- Tubular Space Frame
- Backbone Chassis
Jenis Sasis Berdasarkan Kontrol
Berikutnya ada jenis-jenis sasis yang dikategorikan berdasarkan kontrolnya:
- Conventional-Forward Chassis
- Semi-Forward Chassis
- Full-Forward Chassis
Jenis Sasis Berdasarkan Pemasangan Pada Mesin
Terakhir jenis sasis ini dibedakan berdasarkan bagian pemasangannya di bagian mesin mobil:
- Mesin depan
- Mesin belakang
- Mesin tengah
- Mesin depan melintang
Bagaimana sudah lebih paham tentang chasis mobil? Dari penjelasan di atas bisa diketahui bahwa ada banyak komponen dan jenis sasis yang mempunyai peran penting dalam menyusun mobil.
Info menarik soal otomotif lainnya, bisa kunjungi di https://www.suzukikjiu.id/.