Berita

    Featured Image

    Ketahui Cara Merawat Rem Mobil agar Tetap Aman saat Berkendara

    Rem merupakan salah satu komponen penting dari sebuah mobil. Bagian ini akan berpengaruh besar pada kenyamanan dan keamanan Anda saat berkendara. Itulah mengapa rem mobil harus dirawat dengan cara yang benar agar fungsinya selalu optimal. Mari cari tahu seperti apa cara perawatan rem yang tepat untuk mobil Anda!

    Merawat Rem Mobil

    Kondisi rem akan menunjang kenyamanan dan keselamatan saat berkendara. Tak hanya bagi pengendara mobil itu sendiri namun juga bagi pengguna jalan lainnya. Perawatan rem sama pentingnya dengan perawatan spare part lain pada mobil Anda. Berikut adalah beberapa cara merawat rem mobil yang sebaiknya diterapkan secara rutin:

    • Periksa Kampas Rem secara Berkala

    Langkah pertama yang sangat penting untuk dilakukan dalam merawat komponen mobil adalah pemeriksaan. Cobalah untuk memeriksa kampas rem secara berkala. Pastikan bahwa kondisi kampas rem masih cukup bagus untuk digunakan. Biasanya pemeriksaan ini dilakukan setiap 6 bulan sekali.

    • Cek Kualitas Minyak Rem

    Selain kampas rem, Anda juga harus memeriksa kondisi minyak rem mobil. Minyak rem berfungsi untuk melumasi bagian rem sehingga bisa berfungsi optimal. Setelah digunakan dalam jangka waktu tertentu, kualitas minyak rem akan menurun. Jika memang perlu diganti maka segera lakukan penggantian minyak rem agar dapat menjalankan fungsi optimal kembali. 

    Perlu diketahui bahwa penggantian minyak rem memang seharusnya dilakukan secara berkala. Biasanya penggantian minyak rem dilakukan setiap 3 tahun sekali. Namun kembali lagi pada intensitas pemakaian mobil. Jika mobil sering digunakan maka penggantian minyak rem bisa dilakukan tanpa harus menunggu 3 tahun.

    • Bersihkan Kampas Rem dan Kaliper

    Setelah memeriksa kondisi kampas dan minyak rem mobil, cobalah untuk melakukan pembersihan. Anda bisa membersihkan bagian kampas rem dan kaliper. Namun pastikan proses pembersihan ini dilakukan dengan tepat. Anda sangat disarankan untuk memakai cairan khusus yaitu Brake & Parts Cleaner. Jika sudah dibersihkan, Anda bisa mengoleskan pelumas pada bagian kaliper dan kampas rem sehingga rem tidak berbunyi saat dipakai. 

    • Bubut Piringan Rem

    Sebagai pengguna mobil, Anda tentu bisa merasakan sendiri saat ada komponen yang tidak bekerja normal. Misalnya untuk bagian rem ini, bisa saja saat rem dioperasikan terasa bergetar. Kondisi ini bisa terjadi karena piringan rem memiliki permukaan yang tidak rata. Oleh sebab itu perlu dilakukan perataan dengan cara dibubut.