Berita

    Featured Image

    Memahami Aki Mobil dan Kegunaannya

    Aki mobil adalah komponen penting yang berfungsi untuk menyimpan serta mendistribusikan energi listrik dalam mobil. Tanpa aki, maka mesin mobil Anda tidak akan bisa berfungsi.

    Secara umum, banyak yang mengetahui jenis aki terdiri dari aki kering dan aki basah. Namun, ternyata masih ada lagi beberapa jenis lainnya.

    Jenis Aki Mobil dan Fungsinya

    Terdapat berbagai jenis aki yang penggunaannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kendaraan dan perjalanan. Apa saja? Ketahui lewat poin-poin dan penjelasan di bawah ini!

    • Aki Kering

    Aki jenis pertama yaitu aki kering, sering juga disebut sebagai aki Maintenance Free. Walaupun dinamakan aki kering, tapi tidak berarti jenis aki ini kering seutuhnya.

    Jenis aki ini masih memiliki kandungan cairan elektrolit di dalamnya. Terdapat pula kandungan kalsium serta timah.

    Aki kering masih memakai cairan elektrolit di dalamnya, namun yang mengandung timah dan kalsium. Jika dibanding dengan timah yang digunakan dalam aki basah, penggunaan timah pada aki kering lebih sedikit dan penguapannya juga lebih minim.

    Dilihat dari perawatannya, aki kering tidak serumit aki basah. Anda tidak perlu mengisi ulang elektrolit jika memakai jenis aki yang satu ini.  Selain itu, aki kering juga mudah diatur, karena tidak mudah tumpah.

    iStock - Birdlkportfolio

     

    • Aki Basah

    Alasan aki jenis ini disebut sebagai aki basah adalah karena terdapat kandungan elektrolit di dalamnya. Untuk aki jenis ini, terdapat air aki yang berbentuk asam sulfat.

    Selain itu, aki basah juga memiliki kandungan timah antimoni yang penggunaannya lebih banyak dibanding aki kering. Terdapat potensi penguapan yang besar pada aki ini, sehingga penggunaan timah antimoni menjadi boros.

    Dilihat dari harga, aki basah cenderung lebih murah dibanding jenis lainnya. Aki basah juga mudah ditemukan di pasaran, serta mudah juga untuk mencari jasa perawatannya.

    Perawatan aki basah memang terbilang lebih sulit dibanding aki kering, karena terdapat potensi penguapan yang membuat cairan aki mudah habis. Selain itu, aki bisa tumpah jika tidak dirawat dengan baik.

    • Aki Gel

    Selanjutnya, ada aki gel yang terbilang lebih canggih dibanding jenis lainnya. Hal itu karena aki ini tidak membutuhkan cairan elektrolit lagi dalam penggunaannya. Cairan elektrolit tersebut tergantikan dengan gel.