Berita

    Featured Image

    Tips! Cara Aman Menderek Mobil yang Mogok

    Mobil mogok di tengah jalan memang bisa menjadi momen yang merusak hari Anda. Tapi, apa yang lebih buruk dari itu? Melakukan penderekan mobil tanpa pengetahuan yang cukup. Pasalnya, derek mobil bukan soal menarik saja.

    Ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan, mulai dari pemilihan tali hingga mengetahui batas kecepatan derek yang aman. Ingin tahu penjelasan lengkapnya? Intip informasi berikut! 

    5 Tips Menderek Mobil dengan Aman dan Benar

    Agar mobil yang mogok tidak mengalami kerusakan yang lebih parah setelah proses penderekan, ketahui dulu lima tips ini.

    • Gunakan Tali Penarik yang Kuat

    Tidak semua jenis tali bisa dijadikan alat untuk menderek kendaraan. Maka dari itu, pilihan tali penarik Anda harus kuat, biasanya yang terbuat dari bahan polyester, baja, atau nilon. 

    Jangan sekali-kali mencoba untuk menggunakan tali yang tidak dirancang untuk hal ini, karena bisa berakibat fatal. Sebagai langkah antisipasi, Anda bisa selalu simpan tali penarik di bagasi mobil.

    • Pertimbangkan Berat Mobil

    Bobot mobil yang menderek wajib lebih berat daripada kendaraan Anda yang akan diderek. Selain terjamin kekuatan mesinnya, hal ini akan membantu proses penderekan menjadi lebih stabil, sehingga meminimalkan risiko kecelakaan.

    Jangan mengabaikan aspek ini, sebab Anda mungkin akan mengalami kesulitan dalam mengontrol laju kedua mobil.

    • Pasang Tali di Titik yang Tepat

    Setiap mobil memiliki titik-titik khusus untuk penderekan, umumnya berada di dekat bumper depan atau belakang. Ingat, titik ini berada di dekat bumper.

    Jadi, jangan sampai Anda salah mengikat tali pada bumper atau suspensi karena bisa merusak mobil. Agar lebih pasti mengenai titik derek mobil, Anda bisa mengacu pada buku manual mobil.

    Freepik
    • Jaga Jarak dan Kecepatan yang Aman

    Mungkin terdengar sepele, tetapi menjaga jarak dan kecepatan yang aman antara dua mobil sangat berperan penting. 

    Idealnya, jarak antara mobil penderek dan yang diderek harus sekitar 4 meter. Kecepatan juga harus dijaga, sebaiknya tidak lebih dari 30-40 km/jam. Kedua hal ini dapat menurunkan risiko kecelakaan atau kerusakan lebih lanjut pada mobil.

    • Rencanakan Rute