Berita

    Featured Image

    Kaca Mobil Baret? Tips Perbaikan dengan Tepat

    Kaca mobil merupakan komponen terpenting yang berguna untuk melindungi bagian interior mobil. Maka dari itu, kebersihan dan kondisi kaca mobil yang bening adalah sebuah keharusan.

    Namun, terkadang masalah muncul seperti kaca mobil baret yang mana akan mengganggu penglihatan pengemudinya. Pada pembahasan kali ini, Anda akan dijelaskan jenis baret pada kaca mobil.

    Selain itu, Anda akan diberikan tips dan beberapa produk yang mudah ditemukan di rumah untuk mengatasi kaca mobil yang baret. Berikut ulasan lengkapnya!

    Jenis dan Tips Atasi Kaca Mobil Baret

    Penyebab paling umum yang menyebabkan kaca mobil Anda baret adalah karet wiper. Namun, ternyata terdapat beberapa jenis baret kaca mobil yang Anda ketahui. Tujuannya, agar Anda dapat mengetahui penyebabnya dan nanti dapat diatasi dengan tepat. Berikut ini jenis-jenisnya:

    • Jenis Baret Power Window

    Pertama, jenis baret power window yang artinya baret kaca yang dialami pemilik kendaraan terdapat pada bagian samping. Penyebabnya karena aktivitas naik dan turun kaca mobil di bagian samping.

    Tips untuk mengatasi jenis baret ini adalah kurangi aktivitas menurunkan dan menaikkan kaca mobil terlalu sering jika tidak dibutuhkan. 

    • Jenis Baret Acak

    Kedua, jenis baret acak yang mana berarti baret kaca yang dialami tidak beraturan atau acak. Penyebabnya dapat beraneka ragam, seperti kesalahan pada pemasangan kaca film, gesekan benda tajam seperti ranting pohon dan debu kasar di jalanan.

    Untuk mengatasi masalah baret acak ini cukup dengan menggunakan produk-produk yang mudah ditemukan. Seperti pasta gigi misalnya, yang mana pembahasan lengkapnya dapat Anda simak berikutnya.

    • Jenis Baret Wiper

    Jenis terakhir adalah adalah baret karena wiper dan biasanya jenis baret ini berbentuk garis halus yang mudah untuk diatasi.

    Pada umumnya dalam mengatasi jenis baret yang dikarenakan wiper cukup mudah. Pertama-tama Anda dapat mengganti karet wiper terlebih dahulu, lalu samarkan baret dengan pasta gigi.

    Produk Untuk Atasi Kaca Baret pada Mobil

    Tahukah Anda jika tips mengatasi kaca mobil baret juga berarti Anda dapat menggunakan produk-produk tertentu? Karena komponen kaca mobil cukup vital, maka perlu diatasi dengan cepat dan mudah.

    membersihkan kaca mobil

    Freepik.com

    Jangan khawatir karena produk-produk tersebut mudah ditemukan dan dibeli. Berikut ini ulasan produknya:

    • Pasta Gigi

    Jika Anda membutuhkan produk atau alat yang mudah ditemukan ketika mengatasi kaca mobil yang baret, pasta gigi berkandungan hidrogen peroksida adalah solusi. Anda cukup mengoleskan pasta gigi dengan kuas atau kain lembut pada baret kaca mobil Anda.

    Tunggu hingga kering dan lap pasta gigi tersebut dengan air bersih. Lakukan secara berulang jika dirasa baret kaca belum hilang. Produk ini digunakan untuk mengatasi masalah baret kaca mobil ringan.

    • Cerium Oxide

    Produk kedua yang dapat mengatasi masalah kaca mobil yang baret adalah serbuk cerium oxide. Anda dapat menemukan produk ini di toko-toko bahan kimia. Pemakaian produk ini untuk mengatasi masalah kaca mobil yang memiliki tingkat baret cukup dalam.

    Caranya, Anda cukup mencampurkan serbuk cerium oxide dengan air dengan tekstur tidak terlalu encer dan kental. Oleskan cairan tersebut pada kaca yang terkena baret dan lakukan berulang hingga baret dan goresannya menghilang.

    • Kompon Mobil

    Penggunaan kompon mobil untuk mengatasi baret pada kaca mobil dapat Anda lakukan di rumah. Caranya cukup mempersiapkan kompon mobil yang Anda beli di toko perlengkapan mobil.

    Lalu, Anda cukup mengoleskan cairan kompon ke bagian kaca yang terkena baret. Tahap akhir adalah lap secara perlahan dengan kain lembut atau lap microfiber.

    Tapi, karena kompon mobil ini sifatnya oil based, ada saatnya kaca mobil Anda menjadi buram ketika terkena air hujan. Hal tersebut tidak berlangsung lama dan hasil akhirnya kaca Anda akan bening dan kinclong kembali.

    • Cairan Amonia

    Terakhir, Anda dapat menggunakan cairan amonia sebagai produk yang dapat mengatasi baret pada kaca mobil Anda. Cara menggunakannya tidak berbeda jauh dengan produk-produk sebelumnya.

    Anda hanya perlu mengoleskan cairan amonia ke bagian kaca yang terkena baret dengan lap halus. Namun hal yang wajib Anda pahami adalah pemakaian bahan amonia yang wajib perlahan dan jangan sampai terkena kulit.

    Kesimpulannya, banyak penyebab kaca mobil baret dan banyak pula cara mengatasinya. Hal terpenting adalah Anda wajib menjaga kebersihan kaca mobil Anda. Lakukanlah perawatan rutin pada mobil Anda karena komponen kaca mobil adalah komponen vital.