Berita

    Featured Image

    Simak Cek Aki Bagus Pada Mobil

    Sebagai pemilik mobil, tahukah Anda bagaimana cara cek aki bagus? Untuk mengecek keadaan aki, Anda tidak dianjurkan untuk membongkarnya sendiri secara mandiri. Jangan sampai, karena sembarang membongkar, Anda malah merusak komponen lain ketika ingin mengecek aki. 

    Oleh sebab itu, akan lebih baik jika menyerahkan hal tersebut pada teknisi yang berpengalaman bila dibandingkan dengan mengerjakannya sendiri. Tetapi, bagaimana bila berada dalam keadaan darurat serta tidak dapat membawanya ke bengkel? Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melakukan pengecekan. 

    Cara Cek Aki Bagus 

    Ketika sedang berada di dalam kondisi yang mendesak karena mobil tiba-tiba mati, jangan langsung panik. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengecek kondisi aki, antara lain:

            1. Lihat Indicator Elektrolit

    Untuk melihat indikator elektrolit, Anda dapat mengecek di kap bagian depan mobil. Tidak harus membongkar bagian apapun. Anda bisa langsung memperhatikan bagian atas aki. 

    Jika Anda melihat indikator berubah warna menjadi biru, hal ini menjadi tanda jika aki dalam keadaan yang baik. Tetapi, jika indikator berubah menjadi merah, ini menandakan aki sudah tidak bagus. 

            2. Perhatikan Lampu Indikator

    Berikutnya adalah lampu indikator di bagian dalam kabin, terutama di sebelah dashboard area kemudi. Ketika memasukkan kunci mobil dan memutarnya, indikator lampu seharusnya menyala. 

    Bahkan, tanpa perlu di starter, seharusnya seluruh lampu indikator yang ada di area dashboard menyala. Namun, bila lampu indikator tidak menyala, ini menjadi sinyal jika ada hal yang tidak beres. 

            3. Hidupkan Mobil

    Cara cek aki bagus yang terakhir adalah menghidupkan mobil. Bila mobil tidak menyala selama beberapa waktu, besar kemungkinan jika keadaan aki sudah kurang baik. 

    Ciri Aki Mobil Kurang Bagus

    Sebenarnya, sebelum aki mobil tidak bisa lagi digunakan, atau membutuhkan perawatan, ada beberapa ciri yang menandakan aki sudah kurang bagus, antara lain:

            1. Klakson Kurang Nyaring

    Apakah suara klakson mobil Anda tidak nyaring lagi, atau malah tidak bersuara? Jika hal ini terjadi, hal tersebut dapat menandakan jika aki sudah dalam keadaan yang kurang baik. 

    Memang, besar atau kecilnya suara klakson tidak selalu disebabkan karena aki. Kecilnya suara klakson juga disebabkan karena klakson yang sudah tua serta harus diganti. Tetapi, tidak menutup kemungkinan jika hal ini disebabkan oleh aki.