Berita

    Featured Image

    Simak Fungsi & Cara Kerja Pada Gearbox Mobil

    Gearbox mobil merupakan salah satu alat khusus yang digunakan untuk menyalurkan daya ke bagian mesin lainnya. Gearbox menjadi komponen yang dapat menyalurkan serta menyesuaikan daya tenaga mesin ketika kendaraan sedang berjalan. 

    Bukan hanya itu, gearbox juga bisa membuat tenaga menjadi lebih besar dengan cara berputar dan bergerak. Tenaga ini nantinya akan dipergunakan mesin untuk menggerakkan kendaraan mobil. Oleh sebab itu, keberadaan gearbox sangat penting dalam sebuah kendaraan. 

    Fungsi Komponen Gearbox Mobil

    Pada dasarnya, fungsi utama yang dimiliki gearbox adalah menyalurkan tenaga pada bagian-bagian lain dari mesin, sehingga bagian ini dapat bekerja untuk menjalankan kendaraan. Selain itu, gearbox juga memiliki fungsi lainnya, seperti:

    1. Mengubah twisting moment, fungsi gearbox mobil yang pertama ialah mengatur poros berputar sehingga bergerak atau diam. Dari poros ini, tenaga akan disalurkan ke berbagai komponen lain di dalam mesin mobil. 
    2. Menyediakan rasio gigi setra mengaturnya sehingga sesuai dengan beban mesin kendaraan
    3. Menghasilkan putaran secara teratur di bagian mesin sehingga dapat melakukan gerakan berbalik putaran
    4. Menghasilkan serta mengubah tenaga sehingga komponen lain bisa melakukan proses feeding dengan akurat
    5. Mengatur serta menyesuaikan daya atau torsi sehingga kendaraan dapat bergerak maju dan mundur. 

    Cara Kerja Gearbox Mobil

    Setelah mengetahui fungsi yang dimiliki gearbox, berikutnya adalah cara kerja yang dimiliki komponen ini. Pada dasarnya, secara umum cara kerja yang dimiliki gearbox adalah memindahkan putaran serta gaya pada mesin serta gerakan roda mobil. 

    Di dalam proses ini, poros roda nantinya akan menerima daya tertentu di gearbox, daya tenaga putar yang begitu besar sangat dibutuhkan dalam proses ini. Kadang kala, tenaga yang tinggi berkekuatan besar dibutuhkan saat kendaraan melewati jalanan terjal. 

    Agar gearbox mobil dapat menjalankan tugasnya dengan baik, komponen lain harus membantu menyalurkan tenaga. Komponen pertama yang akan membantu tugas gearbox ialah input shaft cover. 

    Input shaft cover menjadi sebuah komponen yang berguna meneruskan putaran kendaraan atau motor bergerak. Kemudian ada juga oil seal, komponen ini akan membantu tugas gearbox dengan menahan oli sehingga kebocoran dapat dicegah. 

    Komponen berikutnya ialah oli hole cover, komponen ini berguna sebagai saluran masuk oli. Tidak hanya hole cover, komponen yang lain ialah worm shaft. Worm shaft merupakan komponen yang berfungsi meneruskan putaran dari work wheel ke output shaft.

    Ciri Kerusakan Gearbox