Berita

    Featured Image

    Kenali, Ini Perbedaan Oli Palsu dan Asli!

    Sebagai seorang pemilik kendaraan, Anda tentu ingin memperoleh perawatan terbaik dari bengkel yang Anda kunjungi bukan? Sayangnya, bengkel yang tidak resmi sulit menjamin memberi kendaraan Anda service yang tepat. Bahkan, tidak sedikit oknum yang menukar oli palsu & oli asli untuk memperoleh keuntungan.

    Oleh sebab itu, agar hal ini tidak terjadi pada Anda, pastikan mengetahui perbedaannya dengan baik. Lantas, apa saja perbedaannya?

    Perbedaan Oli Palsu & Oli Asli

    Agar tidak tertipu orang yang bertanggung jawab, berikut sejumlah perbedaan oli palsu & oli asli, antara lain:

            1. Lihat Nomor Produksi Kemasan

    Salah satu hal yang menunjukkan jika oli tersebut merupakan oli asli adalah nomor produksi yang ada di oli asli. Umumnya, nomor produksi akan disematkan di tutup serta kemasan. Anda bisa membandingkan keduanya. 

    Apakah terdapat nomor produksi yang ada di sana? Bila terdapat nomor produksi, dapat dipastikan jika oli tersebut merupakan oli asli. Tetapi, jika nomor produksinya berbeda, dapat dipastikan bila oli tersebut merupakan oli palsu. 

            2. Lihat Label dan Hologram

    Berikutnya, Anda dapat melihat label yang berada di kemasan. Oli asli yang berkualitas umumnya menggunakan teknik cetak tinggi. Sehingga ketika menyentuh label, Anda dapat merasakan seperti apa kualitas cetakan. 

    Jika saat mengusapnya tinta langsung terhapus, sudah jelas bila oli tersebut merupakan oli palsu. Tetapi, jika Anda merasakan cetakan label mempunyai kualitas yang baik, Anda bisa mencari hologram yang umumnya ada di bodi botol. 

    Umumnya, hologram kemasan asli tidak dapat duplikasi dengan mudah. Bahkan, umumnya mereka yang memproduksi oli palsu tidak menyertakan hologram. 

    Sehingga ketika Anda tidak melihat adanya hologram di kemasan, ini bisa menjadi tanda jika oli tersebut merupakan oli palsu. 

            3. Cek Apakah Botol Tersegel dengan Baik

    Setelah memastikan nomor produksi dan hologram, jangan langsung memutuskan untuk langsung percaya. Hal lain yang harus Anda pastikan pada oli palsu & oli asli adalah segel kemasan. Pastikan jika botol sudah tersegel dengan baik. 

    Anda juga bisa melihat bagian atas botol. Apakah bagian atas botol mempunyai potongan yang bagus, atau malah sudah penyok dan kusam. 

    Bodi kemasan asli harus berbentuk normal. Tidak kusam dan tidak penyok. Bila Anda menemukan keberadaan botol dengan tampilan yang kurang baik, dapat dipastikan oli tersebut merupakan oli palsu.